Will today be raining?

a tale of rain drop

Apa yang kamu lakukan saat kamu mengenal komputer?

6 Comments

Judul kali ini agak panjang, namun aku tertarik untuk membiarkannya seperti itu.

tertarik pada pertanyaan yang kubaca beberapa waktu lalu, mengenai : “Apa sih yang kamu lakukan dulu sewaktu mengenal internet?”

Pertanyaan ini membawaku bernostalgia ke waktu yang lampau, kurang lebih 10 tahun lalu. Rasanya sewaktu aku mengenal internet aku masih berumur 12 tahun. Bernostalgia semakin lama malah membawaku kembali ke 15 tahun lalu, saat aku mengenal komputer. . Apa ya yang kulakuin pertama sekali dulu? Hm. . . .

Aplikasi yang pertama sekali kukenal di komputer itu rasanya paint brush (di windows 95). Maklum anak kecil, daripada nyoretin kertas, nyoretnya di paint brush, warna bebas milih, kertas tak terbatas*. (*selama persediaan listrik masih ada) hehe.

sekarang?

Game pertama yang kumainin di komputer ? Wah, sudah ga ingat, tapi kalau ga salah sih PIPE DREAM. Setelah itu dilanjutkan dengan the fantastic adventure of dizzy, sim city 2000, sim tower, sim town, sim farm, pizza tycoon, war craft I, uncharted water, new horizon I, command & conquer, command & conquer : red alert, romance of the three kingdom III, romance of the three kingdom IV, theme hospital, might vs magic, lord of the realm, rage of mages I, rage of mages II, warcraft II, seven kingdoms I, pizza tycoon, roller coaster tycoon I, roller coaster tycoon II, transport tycoon, harvest moon (pake emulator), diablo I, diablo II, the sims, dan berbagai seri lain yang ga bisa kusebutkan satu persatu. mengingat masa-masa dimana berkutat dengan game yang berukuran di bawah 1MB dan maksimal puluhan MB, Harddisk seukuran 200MB yang sering penuh cuma gara-gara diinstall 1 atau 2 game, memory 32 MB yang udah dianggap gede, dan prosesor dengan kekuatan dibawah 600MHz (Pentium I 133 MHz, Pentium II 233 MHz, dan Pentium III 533 MHz), wah, ga terasa ternyata aku gamer berat juga waktu itu . . .

sekarang?

Game LAN pertama sekali yang kukenal itu rasanya Quake III arena. Ah, barangkali ini pula yang pertama sekali bikin aku semakin jatuh cinta pada game dan pada akhirnya ga bisa lepas dari komputer. Setelah bermain Quake III Arena, aku juga bermain Rage of Mages secara LAN, dilanjutkan dengan counter strike, terus Diablo II.

sekarang?

Aplikasi yang berhubungan dengan internet yang kupakai dulu itu rasanya mIRC. Hal itu membuat ku teringat berbagai server yang kumasuki, channel-channel yang kuikuti, dan beragam orang yang kukenal meski tak pernah kulihat. Server apa aja ya yang dulu kuikuti? Aku bahkan sudah tak ingat, haha. . . salah satunya yang masih kuingat itu “dal.net”. channel-nya? wah . . . sudah lupa sama sekali.  . .yang jelas, rasanya dulu kalau dijadiin op (operator) bangga sekali rasanya. hehe. tulisan yang berwarna-warni, pembicaraan ngalur-ngidul yang selalu dimulai dengan “aslpls (age sex live, please) ?”, atau pada saat bermain kuis di channel-channel yang diselenggarakan oleh para bot. Rasanya lucu kalau mengingat waktu itu. .  .

sekarang?

Website yang pertama kubuka sudah ga terlalu kuingat, tapi rasanya website yang waktu itu beken adalah Yahoo! dan Astaga.com!. Sewaktu aku membuka kedua website itu juga aku ga ingat ngapain aja. di Astaga.com! sih dulu aku suka main mini-games yang ada disana dan membaca zodiak yang juga disediakan. Haha, dasar anak muda. Selain kedua website itu, aku juga suka membuka website ketawaketiwi.com, website yang menyediakan cerita-cerita lucu. Dulu aku suka mengambil cerita disini untuk diceritakan pada teman-teman di sekolah, cukup menghibur. hehe!

sekarang?

Game online yang pertama kumainkan itu Nexia, game MMORPG pertama di Indonesia yang sudah tak terdengar kabarnya (a.k.a di tutup). Model gambar 2 dimensi dengan sambungan internet putus nyambung, super lag dimana jalan dari satu peta ke peta lain bisa 1 jam lamanya, tapi kok ya masih dimaenin ya?

sekarang?

Ah, ternyata kalau mengingat-ingat kembali sudah begitu banyak waktu yang kuhabiskan di depan kotak kaca ajaib penuh tulisan dan titik-titik berwarna ini. Thx komputer yang sudah senantiasa menemaniku, entah apa yang terjadi kalo aku lahir di jaman sebelum kamu? Mungkin aku sudah jadi seorang ilmuwan yang mengucapkan terima kasih pada kalkulator karena selama ini aku berkutat dengan kertas dan pensil.

Untuk semua pertanyaan sekarang? Mungkin aku akan menjawabnya sepuluh atau lima belas tahun lagi saat aku mengingat masa-masa ini.😉

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan dulu sewaktu mengenal komputer?
ayo tulis di blog mu dan jangan lupa pingback kesini😉

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

6 thoughts on “Apa yang kamu lakukan saat kamu mengenal komputer?

  1. ternyata baca cerita lucu dan nyeritain di sekolahny sama kita :p wkwkwk

  2. wan,sembari mengingat…..*cem udah tua gini😐

    gw dulu kayaknya internetan gt deh,,
    setelah ada matapelajaran di skolahan (smp) baruu mule tau gunanya buat apaa.. hahhahaha

  3. membuat kopi (langsung nge-java) xixixi

Leave a Reply

