Will today be raining?

a tale of rain drop

[Review] The Expendables

Leave a comment

Sebuah film karya sutradara ternama “Sylvester Stallone” setelah film terakhirnya, yakni “Rambo” pada tahun 2008 lalu. Film bergenre “action” ini dibintangi oleh berbagai bintang ternama, sebut saja beberapa di antaranya : “Dolph Lundgren”, “Mickey Rourke”, “Jet Li”, “Bruce Willis”, “Arnold Schwarzenegger”, dan tentu saja “Sylvester Stallone” sendiri. Film ini sendiri merupakan film pertama bagi Arnold dalam 6 tahun terakhir setelah film terakhirnya “Around the World in 80 days” pada tahun 2004 lalu. Namun, meskipun dipenuhi oleh banyak bintang ternama, jangan terlalu berharap bahwa Anda dapat melihat semua bintang tersebut berlaga di layar Anda karena beberapa diantaranya hanya berperan sebagai “cameo”.

Sebagai sebuah film yang disutradarai oleh “Sylvester Stallone”, bolehlah Anda berharap akan disajikan dengan sebuah film yang dipenuhi dengan berbagai aksi laga. Rentetan tembakan senjata, gerakan-gerakan laga dalam jarak dekat, ledakan bom dengan efek yang baik, kebut-kebutan di jalan, hal-hal seperti itulah yang akan ditemukan dalam film ini. Selain itu, Film ini juga menyediakan humor-humor anekdot yang dikemas secara rapi di antara percakapannya. Beberapa humornya tidak terlalu dapat kumengerti, namun secara keseluruhan aku masih dapat tertawa di saat menonton film ini.

Jika harus memberikan sebuah komentar untuk film ini, barangkali “A Teen Movie” merupakan judul yang cocok bagi komentar tersebut. Film ini menceritakan sebuah tim tentara bayaran yang berusaha membebaskan sebuah negara di Amerika Selatan bernama Vilena dari kediktatoran seorang Jendral bernama Gaza dan seorang agen bekas CIA bernama James Monroe. Tim itu terdiri dari 6 orang. Barney Ross (Sylvester Stallone) sebagai pemimpin dari tim tersebut, seorang yang tidak mengenal rasa takut, pembuat strategi bagi tim tersebut, dan keahliannya ada pada kecepatan menembaknya. Lee Christmas (Jason Statham), mantan anggota angkatan udara SAS, memiliki kemampuan akurasi dan kecepatan yang tinggi di dalam melemparkan pisau kepada lawannya, selalu bersaing dengan “Ross” dalam hal kecepatan antara lemparan pisau dan tembakan peluru. Yin Yang (Jet Li), ahli tarung jarak dekat, memiliki kecepatan dan kegesitan yang baik. Hale Caesar (Terry Crews), ahli di dalam senapan mesin laras panjang. Toll Road (Randy Couture), ahli bahan peledak dan seorang yang cukup intelek, dan terakhir Gunnar Jensen (Dolph Lundgren), seorang veteran petarung yang ahli dalam tembakan jarak jauh, yang juga menjadi tokoh antagonis dan protagonis secara sekaligus pada film ini.

Film ini memberikan gerakan yang baik di dalam aksi laga maupun baku tembaknya, meski seluruh aksi tersebut harus menjadi sedikit redup akibat gerakan kamera yang sangat cepat. Hal tersebut dapat dimengerti bahwa gerakan cepat kamera dipergunakan untuk menutupi aksi kekerasan yang sebenarnya terlalu sadis untuk ditunjukkan kepada penonton, baik seperti tubuh yang tercerai berai, maupun tulang yang patah. Ledakan-ledakan yang terjadi dengan efek yang mengagumkan dimiliki oleh Film ini, namun hanya itu saja yang terlihat (atau barangkali memang hanya itu saja yang berusaha diperlihatkan?), hal lain menjadi tidak terlihat oleh karena perpindahan adegan yang terlalu cepat dari kamera.

Apabila Anda adalah seorang yang tidak menyukai Film serius, Anda lebih suka duduk bersandar pada sebuah kursi/sofa yang empuk dan membiarkan diri Anda dimanja oleh Film laga kesenangan Anda, maka Film ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Cukup biarkan diri Anda duduk bersantai dengan sebuah pop corn dan segelas besar minuman soda, tak perlu memperhatikan jalan cerita (meski berusaha diperhatikan tidak ada jalan cerita yang perlu diteliti secara mendalam disana), cukup nikmati saja berbagai aksi laga dan efek yang disajikan oleh Film ini. Meski Anda tidak melihat bagian awal pada Film ini, namun Anda melihat bagian akhir Film ini, Anda tetap akan mengerti jalan cerita dari Film ini.

Film ini memiliki Jalan cerita yang mudah sekali ditebak, 5 orang melawan 1 batalion pasukan tentara yang terlatih, menghadapi berbagai pertarungan jarak dekat, baku tembak baik menggunakan pistol maupun senjata otomatis, hingga mempergunakan berbagai jenis bahan peledak yang berbahaya, berapa besar kemungkinan yang dimiliki untuk keluar hidup-hidup ataupun tanpa luka dan memenangkan peperangan tersebut ? Kemungkinan itulah yang diperlihatkan oleh Film ini. Maka, barangkali memang cocok jika komentar untuk Film ini adalah “A Teen Movie” namun yang terbaik baginya, tidak perlu berpikir, tidak perlu serius, cukup nikmati dan kagumi saja semua yang disajikan di hadapan mata Anda dengan sepiring kudapan untuk teman nonton dan segelas besar minuman kesukaan Anda.

Sebuah kalimat penutup film bagi film ini, “Good effects and Good sounds, that’s all it takes to make a good movie, not the best one.”

Rating : 6.7/10

IMDB Rating : 7.7/10

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s