Will today be raining?

a tale of rain drop

[Review] Letter from Iwo Jima

2 Comments

Film ini bersama dengan film “Flag of Our Father” adalah film yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Kedua film ini menceritakan mengenai peperangan antara Amerika dan Jepang di Iwo Jima (Peperangan di Iwo Jima). Berbeda dengan “Flag of our Father” yang menekankan pada adegan kehidupan politik, budaya, dan emosi dari penduduk negara Amerika, film ini menceritakan keadaan perang antara Amerika dan Jepang tersebut dari sisi prajurit Jepang yang berada di garis depan pertempuran, yakni di Iwo Jima.

Film ini menceritakan mengenai seorang prajurit bernama Saigo dan seorang Jendral bernama Tadamichi Kuribayashi. Sebelum peperangan tersebut dimulai sebenarnya kekalahan Jepang telah dapat diprediksi karena perbedaan teknologi perang dan keuangan Amerika yang jauh lebih kuat daripada Jepang. Namun, pemerintah Jepang tetap tidak mau menyerah begitu saja. Pemerintah Jepang tetap mempertahankan Iwo Jima meskipun kekalahan telah nyata karena Iwo Jima merupakan pintu gerbang untuk masuk menyerang Jepang. Apabila Iwo Jima jatuh, maka keadaan perang antara Amerika dan Jepang selanjutnya dapat dikatakan berpihak pada Amerika.

Film ini menceritakan bagaimana kerasnya kehidupan rakyat Jepang semasa perang dan sulitnya hidup prajurit Jepang yang berada di garis depan. Film ini memperlihatkan tekad yang kuat dari prajurit-prajurit karena kebudayaan mereka. Para prajurit Jepang lebih memilih untuk mati daripada menyerah begitu saja. Prajurit Saigo yang diceritakan di dalam film ini tidak memiliki jiwa yang sepatriotik itu karena pada awal mulanya dia hanyalah seorang pembuat kue yang dipaksa untuk berperang, begitu juga beberapa teman seperjuangannya. Namun, dalam film ini dapat dilihat bagaimana sedikit demi sedikit Saigo juga tumbuh menjadi seorang prajurit Jepang yang baik.

Sementara itu, Jendral Tadamichi Kuribayashi dalam merencanakan taktik perang melawan Amerika menerapkan taktik perang yang berbeda dengan sudut pandang petinggi lainnya. Hal ini membuat ada perselisihan di dalam prajurit Jepang, namun Kuribayashi tetap melaksanakan rencananya yang menurutnya akan lebih baik dalam melawan tentara Amerika. Meski pada akhirnya banyak rekan – rekan sekerja Kuribayashi yang menyerah dan memilih untuk bunuh diri demi kehormatan mereka, Kuribayashi tetap berusaha bertahan hingga akhir dalam melawan tentara Amerika. Jendral Tadamichi Kuribayashi banyak dibantu oleh Baron Takeichi Nishi dalam melawan tentara Amerika.

Film ini memiliki alur yang lebih jelas daripada film “Flag of Our Father“. Meskipun kedua film ini menceritakan kejadian yang sama, yakni peperangan di Iwo Jima, namun kedua film ini seakan – akan menceritakan dua hal yang berbeda. “Letter from Iwo Jima” diceritakan dengan gaya yang indah, penonton dibawa melewati peristiwa – peristiwa yang mengerikan maupun menyedihkan secara perlahan, dan terkadang diselipkan dengan peristiwa gembira dari kilas balik kenangan tokoh – tokoh di dalamnya. Patutlah film ini dikatakan sebagai sebuah film yang bagaikan puisi, membawa penontonnya mengalir tanpa sadar dari awal hingga akhir cerita.

Untuk mereka yang ingin mengenal mengenai peperangan yang terjadi di Iwo Jima antara Amerika dan Jepang, film ini merupakan salah satu film yang sangat direkomendasikan. Bagi mereka yang menyukai film dengan adegan perang yang serius film ini juga akan cocok untuk mereka. Bagi mereka yang telah menonton “Flag of Our Father” dan ingin mengetahui mengenai peperangan yang diceritakan dalam film itu secara lebih mendalam, film ini dapat dijadikan acuan.

Rating : 8.2/10

IMDB Rating :  8.1/10

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

2 thoughts on “[Review] Letter from Iwo Jima

  1. Pingback: Peperangan di Iwo Jima « Will today be raining?

  2. Pingback: [Review] Flag of Our Father « Will today be raining?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s