Will today be raining?

a tale of rain drop

[Review] Flag of Our Father

2 Comments

Film ini bersama dengan Film “Letter from Iwo Jima” adalah Film yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Kedua film ini menceritakan mengenai peperangan antara Amerika dan Jepang di Iwo Jima (Peperangan di Iwo Jima). Berbeda dengan “Letter from Iwo Jima” yang menekankan pada adegan peperangan, film ini menceritakan keadaan politik dan sudut pandang mengenai perang antara Amerika dan Jepang tersebut dari sisi Amerika.

Film ini menceritakan mengenai 6 orang prajurit yang berhasil mengibarkan bendera Amerika di gunung Suribachi. Adegan pengibaran tersebut diabadikan oleh seorang fotografer perang bernama Joe Rosenthal meskipun pada akhirnya diketahui bahwa itu hanyalah pengibaran bendera kedua (bukan bendera yang sebenarnya dikibarkan). Keenam prajurit tersebut lantas diminta untuk pulang dari medan perang untuk membantu negara dalam mempromosikan perang antara Amerika dan Jepang tersebut kepada para pemilik uang supaya mereka mau memberikan bantuan keuangan untuk perang tersebut.

Promosi tersebut dilakukan oleh pemerintah Amerika, bekerja sama dengan para Jurnalis, mereka memberitakan seakan – akan Amerika telah memenangkan peperangan tersebut (pada hari keempat perang tersebut berlangsung, yakni 23 Febuari 1945) . Bukti dari kemenangan Amerika yang mereka beritakan berasal dari foto pengibaran bendera di gunung Suribachi tersebut, padahal perang di Iwo Jima itu sendiri baru berakhir sekitar sebulan berikutnya, yakni pada 26 Maret 1945. Sementara para prajurit Amerika dan Jepang masih berperang di garis depan (Iwo Jima) penduduk Amerika telah berpesta seakan – akan mereka telah memenangkan peperangan tersebut, hanya karena sebuah foto (“A single shot can end the war”).

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Film ini tidak banyak menceritakan mengenai peperangan yang terjadi (meski ada adegan di medan perang-nya). Fokus film ini adalah bagaimana kehidupan politik dan foto 6 prajurit yang mengibarkan bendera kedua di gunung Suribachi tersebut mempengaruhi hidup prajurit – prajurit tersebut, yakni : Mike Strank, Harlon Block, John “Doc” Bradley (Medic), Ira Hayes, Rene Gagnon, dan Franklin Sousley. Film ini menceritakan bagaimana mereka sebagai seorang prajurit berada di medan perang, dipergunakan sebagai alat dalam dunia politik, dan kehidupan mereka setelah perang dan kehilangan pekerjaannya sebagai seorang prajurit.

Film ini diceritakan dengan alur cerita maju mundur. Gaya cerita yang seringkali merupakan kilas balik membuat jalan cerita sedikit sulit untuk diikuti. Beberapa kilas balik sedikit sulit dimengerti pada saat itu juga karena penjelasannya baru ada di bagian lain pada Film ini. Bagi yang tidak menyukai menonton film yang harus diikuti dengan serius, barangkali Film ini tidak akan terlalu cocok. Bagi penggemar film Perang dan adegan – adegan perang, barangkali aku lebih menyarankan film “Letter from Iwo Jima” yang dibuat oleh sutradara yang sama dan dirilis pada tahun yang sama. Akan tetapi untuk orang – orang yang mungkin menyukai drama atau sejarah dari peperangan Iwo Jima dan telah menonton “Letter from Iwo Jima“, film ini adalah film yang cukup kusarankan.

Ratin : 6.4/10

IMDB Rating : 7.2/10

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

2 thoughts on “[Review] Flag of Our Father

  1. Pingback: [Review] Letter from Iwo Jima « Will today be raining?

  2. Pingback: Peperangan di Iwo Jima « Will today be raining?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s