Will today be raining?

a tale of rain drop

[Review] Film Karate Kid

2 Comments

Komentar pertama yang kulontarkan setelah menonton film ini pada bulan Juni lalu adalah “Akhirnya Jackie Chan ada main di film bagus juga di tahun 2010 ini. . .” Yah, setelah aku sendiri cukup kecewa dengan penampilan Jackie Chan di “Spy Next Door” dan “Little Big Soldier”. Film ini menceritakan tentang seorang anak lelaki bernama Dre (Little Dre / Xiao Dre) yang datang ke Beijing dari Deitroit karena ibunya dipindah tugaskan.

Di sini, Dre jatuh cinta pada seorang anak perempuan bernama Mei Ying. Mei Ying adalah seorang anak perempuan keturunan cina yang mahir bermain biola dan cukup lancar berbahasa Inggris. Mei Ying juga menaruh perhatian pada Dre. Sayangnya, perbedaan budaya membuat kedekatan mereka menjadi sulit. Kedekatan antara Dre dan Mei Ying tidak disukai oleh ayah Mei Ying dan Cheng. Cheng adalah teman satu sekolah dari Dre dan Mei Ying dan juga pimpinan anak berandalan di daerah mereka tinggal. Cheng sendiri belajar kung-fu di salah satu sekolah kung-fu yang cukup besar pada daerah tersebut. Cheng dan teman -temannya sering menganiaya Dre dan menyebabkan tubuh Dre dipenuhi luka memar. Dre pada akhirnya ditolong oleh Mr. Han, seorang ahli reparasi yang ternyata juga ahli kung-fu. Mr. Han mengajarkan kung-fu kepada Dre supaya dia dapat membela diri.

Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari Film ini. Kesombongan dan kekerasan seringkali membuat seseorang lupa diri. Kedewasaan dan ketenangan adalah hal yang diperlukan untuk menghadapi masalah yang ada, bukan dengan melarikan diri dari masalah. Kesabaran merupakan salah satu kunci untuk keberhasilan. Itulah beberapa hal yang diajarkan di dalam Film ini.

“Everything. . . is Kung-fu!”, adalah kutipan kata – kata dari Mr. Han pada film ini. Mr. Han mengajarkan bahwa Kung-fu berarti menjalani hidup dengan sepenuh hati, melakukan segala sesuatu dengan serius dan senang. Setiap permasalahan harus dihadapi dengan sikap fokus, bukan dengan melarikan diri dari masalah.

Terlepas dari semua hal itu, Film ini memiliki pengambilan gambar dan adegan yang cukup baik. Humor – humor yang menggelitik membuat Film ini tidak bosan untuk ditonton selama 140 Menit.

Banyak orang yang meragukan kemampuan Jaden Smith (Jaden Christopher Syre Smith) untuk memerankan tokoh Dre pada film ini, namun Jaden Smith membuktikan bahwa ia dapat memerankan tokoh Dre dengan cukup baik. Jaden Smith adalah anak dari pasangan Will Smith dan Jada Pinkett Smith. Ia lahir pada tanggal 8 Juli 1998. Tanggal lahir yang sama dengan milikku, hanya saja ia 10 tahun lebih muda.

Secara keseluruhan, film ini merupakan salah satu film yang mampu membuatku tertawa hampir di seluruh adegannya. Humor yang dikemas secara natural dan tidak dibuat-buat menjadi kelebihan utama dari film ini. Gerakan kung-fu pada adegan-adegan di film ini juga cukup baik, tidak terlihat murahan.

Rating : 8.4/10

IMDB Rating : 5.9/10

Trivia (spoiler alert)

The style of Kung Fu that the woman standing on the dragon’s head is practicing (at the temple, before the dragon well) is Crane Style Kung Fu. Practitioners of this style are very adept at balancing on one foot, as a crane does. It is interesting to note that she is controlling a cobra (likely in the same style as a snake charmer). This could possibly be a nod to the original in which Daniel defeated a member of the Cobra Kai dojo by using the “Crane technique”.

After Dre and Mr. Han climb the mountain, when they enter the temple, we see people in white clothes moving slowly and methodically, as if dancing. The martial art they are practicing is Tai Chi Chuan (literal translation “Supreme Ultimate Fist”).

source : IMDB.com

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

2 thoughts on “[Review] Film Karate Kid

  1. jadi jelas sudah kenapa judulnya karate kid tapi isinya kungfu

    btw nice review😀

    • Yep, judulnya karate kid karena si Dre dibully2 dengan panggilan “karate kid” pada waktu dia mencoba membela diri pertama sekali.
      Thx ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s