Will today be raining?

a tale of rain drop

[Review] Film 2012

Leave a comment

2012


Film ini adalah salah satu film “apokaliptik” tahun 2009. Film ini menceritakan bahwa dunia akan berakhir menurut penanggalan kalendar maya yang “berakhir” pada tanggal 21 December 2012 (12-21-12).  Pada tahun 2009, seorang Ilmuwan menemukan keanehan pada matahari. Semburan lahar matahari menyebabkan adanya suatu reaksi fisika yang menghasilkan partikel bernama neutrino. Partikel ini dapat menembus permukaan bumi dan menuju ke dalam inti bumi. Hasil akhir dari hal ini adalah inti bumi akan memanas dan membuat kerak bumi (lempengan daratan) tidak stabil.

Tentu saja film ini adalah sebuah karya fiksi, meski ada berbagai pihak yang menyatakan film ini merupakan sesuatu yang tidak baik dan mengajarkan hal yang sesat. Padahal, “hampir” sebagian besar penonton tentunya tahu untuk memilah mana yang benar dari yang salah, dan tentulah mereka (sebagian besar) itu sadar bahwa film yang mereka tonton adalah fiksi, rekaan, karya hollywood.

Hal yang disampaikan oleh sebuah karya sastra dan seni bukanlah apa yang terlihat di hadapan. Seringkali sebuah karya seni dan sastra lebih sulit untuk ditafsirkan daripada sekedar karya ilmiah. Sebuah tarian dengan gerakan yang berani dianggap sebagai sebuah pelecehan seksual, padahal di balik tarian tersebut yang ingin disampaikan adalah semangat, keberanian, dan kealamian. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari hal ini karena telah sejak lama manusia hanya dipaksa untuk menggunakan otak kirinya, semakin lama manusia kehilangan hati nuraninya.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang dinyatakan mengenai film ini, ada beberapa hal menarik yang saya tangkap dari film ini. Bukankah film ini mengajarkan suatu hal yang baik? Ia mengingatkan manusia akan arti kemanusiaan, ia mengingatkan manusia betapa tidak berartinya manusia (bahwa manusia hanya sesuatu yang akan kembali menjadi tanah), ia mengingatkan manusia akan arti menjadi manusia (makhluk rendah yang selalu menganggap dirinya adalah tuhan – tuhan kecil), arti kejujuran untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam hati di saat – saat terakhir hidup.

“At least, they may be able to embrace each other and say good bye to the one they love.”

Film ini memiliki banyak humor – humor menggelitik yang dikemas secara baik. Humor – humor tersebut muncul di saat – saat tegang tanpa merusak ketegangan dari film itu sendiri. Aksi – aksi di dalam film juga memberikan banyak ketegangan meski satu kebetulan disusul dengan kebetulan yang lain menyebabkan munculnya keberuntungan yang terlalu dilebih – lebihkan. Secara keseluruhan, film dengan durasi 158 menit ini merupakan sebuah film yang wajib untuk ditonton.

Rating : 8.2/ 10

IMDB Rating : 6.7 / 10

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s