Will today be raining?

a tale of rain drop

[Cerpen] Langit Malam

Leave a comment

Langit Malam


Lonely_night_poem

Tanggal 11 April, musim panas, meski angin berhembus tetapi hari terasa begitu panas. Bulan purnama bersinar di langit yang cerah, tanpa awan. Beberapa bintang terlihat saling menyapa satu sama lain, saling bertukar salam di kejauhan. Aku duduk di bawah sebuah pohon memandangi keindahan langit malam itu. Tanganku memainkan kaleng bir yang masih berisi lebih dari separuh. Keindahan langit malam itu membuatku tersenyum, terkenang akan masa lalu.

Aku masih ingat masa kecilku dulu. Saat aku berumur 7 tahun, aku sedang bermain bola di dalam ruangan. Ibuku berkali – kali mengingatkanku untuk tidak bermain bola di dalam ruangan karena takut aku akan memecahkan sesuatu. “Prang..” Benar saja, bola yang kutendang mengenai vas bunga yang berada di atas meja. Akupun segera berlari dari ruangan itu sambil tertawa sementara ibuku dengan muka gelisah segera membersihkan pecahan vas tersebut. Aku hanya tertawa dan berlari meninggalkan ruangan tersebut.

Aku memang anak yang nakal, aku sangat dimanja oleh orang tuaku. Orang tuaku tidak pernah memarahiku sekalipun. Prestasiku di sekolah cukup baik, meski seringkali aku melakukan kenakalan di dalam sekolah tetapi guru – guru tidak berkata apa – apa. Semuanya semata – mata karena aku adalah anak yang pintar. Aku selalu melakukan semuanya sesuai dengan apa yang kuinginkan. Apapun yang kulakukan, orang – orang di sekitarku akan selalu memujiku. Meski aku melakukan kenakalan, tidak ada seorangpun yang akan memarahiku.

Waktuku terus berjalan, lamunanku membawa diriku ke masa – masa sekolahku dulu. Kenangan – kenangan manis masa smp dan sma. Saat pertama sekali jatuh cinta. Kuliah, aku diterima di sebuah perguruan tinggi swasta ternama, jauh dari orang tuaku. Kerjaanku setiap hari hanyalah berjalan – jalan dengan teman – temanku. Setiap malam aku menghabiskan waktu di dalam gemerlapan kota, kebut – kebutan di jalan raya, tertawa, dan menghabiskan masa mudaku.

Pada tahun terakhir kuliahku hidupku berubah. Aku mendapat kabar buruk, ibu meninggal akibat sakit. Telah sejak lama ibu mengidap penyakit kanker. Ibu selalu menahan rasa sakitnya sendiri, tidak ada seorangpun yang mengetahui bahwa penyakit ibu telah begitu parah. Ayah mengalami depresi akibat kematian ibu. Krisis ekonomi yang tidak menentu dan tipu muslihat dari lawan bisnis ayah telah membawa perusahaan ayah ke dalam kebangkrutan. Ayah memutuskan untuk bunuh diri karena tidak tahan menghadapi malu dan tekanan hidup. Rumah dan harta keluarga disita untuk melunasi hutang perusahaan. Untung saja aku masih dapat menyelesaikan tahun terakhirku dengan baik dengan sedikit tabungan yang kumiliki.

Seusai kuliah aku bekerja sebagai seorang pegawai biasa dengan gaji pas – pasan. Teman – temanku mulai meninggalkanku. Semuanya sibuk dalam dunianya masing – masing. Aku menyesal aku tidak melakukan semuanya dengan lebih baik. Aku menyesal telah membuang waktuku dengan sia – sia. Aku hanya dapat berandai – andai, andaikan dulu aku belajar dengan lebih baik, andaikan dulu aku bersikap lebih serius, andaikan aku seperti ini, andaikan aku seperti itu. Aku menyadari semuanya telah terlambat bagiku. Kesempatanku telah habis, aku telah membuang – buang masa mudaku.

Baru 2 hari sejak aku dipecat dari pekerjaanku. Krisis global dijadikan sebagai alasan untuk memberhentikan ratusan pegawai yang membutuhkan penopang hidup. Aku tidak tahu kemana aku harus pergi. Aku tidak memiliki orang tua tempat aku bisa sekedar menumpang hidup sementara. Aku tidak memiliki teman tempat aku bisa mencari bantuan.

Untuk kesekian kalinya kuteguk minuman yang ada ditanganku. Kugoyangkan kaleng tersebut untuk mengecek isi di dalamnya. Tidak ada suara, menandakan isinya telah kuminum habis. Aku pun berdiri dan meninggalkan kaleng tersebut di tempat aku duduk. Aku melangkah menjauh, meninggalkan kaleng kosong tersebut. Kaleng itu tetap di tempat itu, sendiri, terlupakan, tanpa dikenang.

night-sky-over-church-8002

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s