Will today be raining?

a tale of rain drop

[Spoiler] Agatha Christie – The Man in the Brown Suit

Leave a comment

The Man in the Brown Suit

9780312979485

date published : 22 August 1924

author : Agatha Christie

mystery : 9.2/10

romance : 5.6/10

action : 7.2/10

thrill : 6.7/10

overall : 8.6/10

Ini adalah sebuah novel misteri karangan Agatha Christie. Tokoh utama dalam novel ini adalah seorang wanita muda bernama Anne Beddingfield dan seorang tokoh politik bernama Sir Eustache Pedler. Anda akan mengikuti jalan cerita melalui sudut pandang kedua orang ini.

Anne Beddingfield

Anne Beddingfield adalah seorang wanita dengan jiwa petualang yang tinggi. Ia adalah tokoh utama wanita dalam cerita ini. Ia suka untuk mencari tahu hal – hal yang membuatnya penasaran dan tidak kenal takut akan apapun. Ia adalah anak dari seorang profesor ternama dalam bidang arkeologi. Petualangan Anne dimulai ketika ayahnya meninggal dunia. Ayahnya tidak meninggalkan apapun padanya kecuali 87 Poundsterling karena harta ayahnya telah habis digunakan untuk membayar hutang. Meskipun Anne hidup dalam ketidakpastian sepeninggal ayahnya, Ia tidak gentar. Anne malah merasa bersemangat karena ini adalah kebebasan yang telah lama diimpikannya.

Anne digambarkan sebagai seorang gadis muda yang cantik dan sikapnya yang penuh semangat dan tak kenal takut membuat beberapa tokoh pria dalam novel ini jatuh cinta pada dirinya. Di akhir cerita ia malah jatuh cinta pada pria yang pertama sekali dianggap sebagai pembunuh olehnya, yaitu sang tokoh utama pria, pria bersetelan coklat.

Sir Eustache Pedler

Sir Eustache Pedler adalah seorang tokoh politik yang memiliki cukup pengaruh di dalam cerita ini. Di dalam novel ini Ia diceritakan sebagai seorang yang jenaka dan tidak pernah melakukan segala sesuatu dengan serius. Ia adalah seseorang yang mencari kenyamanan dan ketenangan dalam hidupnya dibandingkan dengan kekayaan dan kemasyhuran. Dalam novel ini, Sir Eustache Pedler dikisahkan sedang membuat sebuah buku harian yang hendak dipublikasikannya. Buku tersebut merupakan biografi mengenai dirinya dan orang – orang yang pernah ditemuinya. Anda mengikuti cerita ini melalui cerita yang ditulisnya di dalam buku tersebut.

Pada akhir cerita, Sir Eustache Pedler akan diketahui sebagai tokoh antagonis. Sir Eustache Pedler ternyata adalah “sang kolonel”, antagonis utama di dalam cerita. Ia adalah seorang brilian, otak utama dalam banyak kejahatan yang terjadi di masa itu, seperti : peperangan, penjualan ilegal, dan sebagainya.

Meskipun ia adalah tokoh antagonis dalam cerita ini, tetapi ia adalah tokoh kesukaanku dalam novel karangan Agatha Christie ini. Saya berhasil mengetahui keanehan dalam cerita ketika menyadari cara pembawaan cerita yang dilakukan oleh Agatha Christie melalui 2 sudut pandang. Saya mulai bertanya – tanya pada pertengahan cerita, mengapa harus melalui sudut pandang 2 orang ini? Pastilah salah satunya hanya bermaksud untuk mengelabui pembaca, untuk seakan – akan membenarkan cerita dari tokoh yang satu lagi tetapi sebenarnya adalah palsu. Bermula dari sana aku mulai mencurigai Sir Eustache Pedler sebagai tokoh antagonis utama dalam cerita ini, yakni Sang Kolonel!

Trivia : di dalam cerita ini ada disebutkan nama Sherlock Holmes.

Author: Rain Drop

I keep walking the paveway Look up to the gray sky A drop of rain fall on my nose Will today be raining?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s